NodeJS : Contoh Source Code CRUD Bukutamu


Seperti janji saya sebelumnya pada postingan NodeJS : Cara Install dan Uninstall Module/Package untuk membagikan source code / contoh aplikasi yang dibuat menggunakan NodeJS. Sebelum itu saya berterima kasih kepada teman saya si Fadri, yang telah membagikan source code  ini secara cuma-cuma untuk pembelajaran :D. Yap, dengan kata lain contoh aplikasi ini bukan saya yang membuat XD.

Aplikasi ini hanya bisa CRUD ya setidaknya menjadi dasar untuk menuju ke tahap berikutnya. Berikut detail aplikasi ini :
Nama : Bukutamu
Interface : CSS Bootstrap v3.1.0
Database : MySQL
URL : localhost:2308/bukutamu
Download Source Code CRUD Bukutamu dengan NodeJS (5.5 MB)[Ge.tt]
Download Source Code CRUD Bukutamu dengan NodeJS (5.5 MB)[Mediafire]

Cara Menjalankan
1. Yang pertama tentunya sobat sudah mendownload dari link diatas. Dan setelah itu ekstrak, terserah mau difolder manapun.
2. Import dahulu database, nama databasenya adalah db_njs_lat_bukutamu, sobat pasti tau kan caranya import database gimana? bisa dilihat diartikel Cara Backup Dan Restore Database MySQL Dengan phpMyAdmin.
3. Agar Aplikasi bisa terhubung dengan baik ke database MySQL pastikan konfigurasinya sesuai. Dari host, user, password, port, hingga nama database. Dengan membuka file app.js dimulai pada baris ke-25 ada koding konfigurasinya.

4. Selanjutnya buka cmd, dan sesuaikan cmd dengan dimana direktori aplikasi disimpan. Lalu ketik node app.js di cmd, jika muncul tulisan Server Is Running On Port : 2308 kemungkinan besar aplikasi berhasil dijalankan.
5. Untuk membuktikannya sekarang buka browser (jangan lupa berdoa XD) dan ketik di address bar localhost:2308/bukutamu lalu enter. Maka hasilnya....

Terakhir, silahkan sobat bongkar-bongkar sendiri source codenya. Ya seperti bagaimana Programmer belajar pada umumnya kalau gak liat tutorial dari buku/internet ada yang liat contoh source codenya dan mungkin masih banyak lagi cara-cara belajar yang lebih unik XD.

Labels: , , ,