Materialize - CSS Framework Baru Buatan Google



Ditengah ke-tidak jelas-an hari ini akhirnya saya memutuskan untuk menulis artikel lagi di blog ini *malahcurhat :v. Oke saya kembali, kali ini saya akan menceritakan menjelaskan tentang sebuah Framework CSS. Sebelum itu ini dia, tentang CSS Frameworks menurut bang Wiki :D
CSS frameworks are pre-prepared software frameworks that are meant to allow for easier, more standards-compliant web design using the Cascading Style Sheets language. Most of these frameworks contain at least a grid. More functional frameworks also come with more features and additional JavaScript based functions, but are mostly design oriented and unobtrusive. This differentiates these from functional and full JavaScript frameworks.
Singkat aja, CSS framework untuk mempermudah pembuatan interface aplikasi web atau bahkan mobile, yang dasarnya menggunakan CSS sebagai 'Kuas' untuk 'Melukis' memperindah tampilan. CSS Framework sejauh ini sudah cukup populer, sebut aja Bootstrap, Foundation, Metro UI, Flat, dll pasti udah gak asing lagi dengernya bagi sobat yang suka ngoding (khususnya web).

Ditengah kepopuleran Framework-framework CSS tersebut hadir lagi nama baru yang gak kalah keren. Namanya Materialize, framework yang satu ini cukup bagus menurut saya. Kalo dibuka websitenya yang juga dibuat menggunakan design Materialize, tampilan websitenya mengingatkan saya sama tempat download aplikasi Android nomer 1. Yap ! Playstore, kalau di lihat sekilas mirip Playstore malah bukan cuma Playstore.. Gmail, Blogger, Translate,dan layanan google lainnya mirip juga. Setelah membuka menu Showcase di websitenya akhirnya tau, wajar aja CSS Framework tersebut ternyata buatan Google :v.

Salut sama Google,selain udah banyak menyediakan layanan gratis, Google juga membantu para web developer, dengan membuat CSS Framework. Terima Kasih Google :v, gak kaya tetangga sebelah.. Mention @Apel sama @Mikrosop :p.






Itu dia penjelasan singkat mengenai Materialize CSS .Untuk mengetahui cara penggunaannya bisa dibuka di situs resminya Materialize CSS.Bisa dibilang sama seperti Bootstrap, namun untuk Framework ini belum bisa menggunakan Bower. Saat ini masih versi Alfa, kalau udah final mungkin bakal berkembang menyaingi Bootstrap :v

Labels: ,