5 Distro Linux Terbaik 2014


Seputar Ilmu Komputer akan posting sebuah artikel namun bukan tutorial lagi, bosen kan tutorial mulu :p. Sebelumnya saya juga memposting artikel seperti ini sebelumnya namun bedanya itu yang tahun 2013 berbeda dengan yang ini yaitu tahun 2014.Untuk tahun lalu postingan bisa dilihat disini .

Sekarang Linux sudah semakin berkembang dan dominasi sistem operasi Windows seperti di Indonesia ini sudah mulai berkurang entah saya gak tahu kenapa. Apa karena kesadaran memakai software bajakan itu haram?karena pengen gaya-gayaan pengen jadi hacker?atau karena PC jadul yang gak bisa diinstall Windows :D, Gak ada yang salah dengan alasan-alasan diatas. Suka-suka laptop-laptop gue peduli amet lo :v .

Peringkat ini di ambil dari situs Distrowatch, jadi bukan saya yang asal-asalan milih mana distro linux yang bagus :p .

UPDATE : Distro Linux Terbaik 2015

  1. Linux Mint

    Masih menduduki peringkat pertama, Linux Mint merupakan distro yang cocok bagi pengguna linux pemula. Desktop Environment-nya yakni Cinnamon dan Mate yang tidak jauh berbeda dengan OS Wed*s membuat distro ini banyak peminatnya. Selain itu sistemnya yang sama dengan Ubuntu membuat Linux Mint sama dengan Ubuntu dalam hal komunitas pengguna dan aplikasi. Jika mengalami kendala dalam pengoperasian saat menggunakn Linux Mint bisa menanyakan kepada komunitas Ubuntu dan juga aplikasi Ubuntu berjalan dengan baik di Linux Mint.
  2. Ubuntu

    Ubuntu naik ke peringkat 2 pada 5 Distro Linux Terbaik 2014 .Distro yang satu ini emang yang paling terkenal diantara yang lain dimata orang awam dunia per-linux-an . Ubuntu baru saja merilis versi 14.04 bulan April lalu, saya pun dengan semangat menginstallnya di laptop saya. Hingga saat ini saya menulis artikel ini saya menggunakan Ubuntu. Untuk para pemula yang ingin merasakan linux yang tampilannya bener-bener linux bisa nyicipin Ubuntu ini. Beda sama anaknya Linux Mint yang interfacenya mirip-mirip Wed*s .
  3. Debian

    Kakeknya Linux Mint ini menduduki peringkat ke 3, turun satu peringkat disalip oleh anaknya sendiri yaitu Ubuntu. Debian ini disarankan bagi sobat yang spesifikasi Laptop/PC nya rendah. Selain distro yang ringan debian ini jadi distro yang rasa linuxnya sedikit pahit untuk pemula. Di Debian ini interfacenya sangat sederhana, dan juga untuk komunitasnya tidak begitu ramai apalagi di Indonesia. Tetapi anak-anak nya banyak sekali yang sukses seperti Ubuntu, Linux Mint, hingga Kali Linux. Saya sendiri pernah mencicipi Debian, tapi bukan Debiannya langsung melainkan Kali Linux. Yang mau jadi Hacker, coba pake Kali Linux :p .
  4. Mageia

    Masih bertahan di posisi 4, Mageia merupakan reinkarnasi Distro Linux Mandriva. Sama-sama lahir di Prancis dan warna biru jadi warna logo-nya. Saya seumur hidup belum pernah nyobain distro ini hingga turunan-turunannya. Mungkin ini untuk pengguna Linux tingkat menengah ke atas. Selengkapnya tentang Mageia bisa dibaca disini .
  5. Fedora

    Masih bertahan di posisi ke 5, Fedora merupakan salah satu OS dari Red-Hat yang gratis. Desktop defaultnya menggunakan Gnome-Shell yang mirip dengan Metro-UI nya windows 8. Saya belum pernah nyobain Distro linux yang satu ini , maklum saya juga masih nubie :| . Support penggunanya pun lumayan, saya berniat untuk mencoba Distro yang satu ini tapi kapan-kapan aja dah.Karena Saya lagi menjalin hubungan dan ingin setia sama Ubuntu gak mau cerai dulu :p .
Itu tadi 5 Distro linux terbaik tahun 2014, ulasan diatas menurut Distrowatch. Sebenernya tergantung untuk apa sobat menginstall OS Linux. Untuk pemula saya sarankan Ubuntu, atau Lubuntu untuk yang PC spek rendah. Kalo pengen belajar pentest,hacking,cracking sobat bisa menginstall Kali Linux. 

Labels: